Inilah Manfaat Musik Dalam Kehidupan

Setiap hari kita pasti mendengarkan musik, meskipun kamu mengaku tidak suka musik, pasti kamu selalu mendengarkannya tiap hari, entah itu dari tv, tetangga yang memutar musik, atau dari truk lewat yang biasanya menyetel lagu dangdut dengan dentuman bassnya yang memekakkan telinga. Disadari atau tidak, setiap hari kita hidup dalam serangkain nada dari berbagai macam jenis musik. Meskipun kamu menyangkalnya, ternyata musik mempunyai banyak manfaat.


Manfaat musik dalam kehidupan :
  1. Musik enerjik menumbuhkan semangat. Berdasarkan penelitian, musik enerjik cocok didengarkan saat melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak tenaga. Nada dinamis yang dimainkan dalam tempo cepat dapat menumbuhkan semangat dan memberi inspirasi untuk lebih aktif.
  2. Lagu favorit meningkatkan mood. Mendengarkan lagu favorit dapat memicu pelepasan dopamin, yaitu suatu senyawa di otak yang berperan dalam sistem “keinginan dan kesenangan” sehingga meningkatkan rasa senang. So, sering-seringlah mendengarkan lagu favorit agar mood kita semakin baik.
  3. Nada tertentu dapat membantu proses penyembuhan. Berdasarkan sebuah penelitian di University of Kentucky, menyebutkan bahwa; ada seorang pasien yang mendengarkan musik yang lembut sebelum operasi, saat operasi dan setelah operasi. Hasilnya, setelah mendengarkan musik tersebut, kecemasan dan rasa nyeri pasien berkurang, sehingga hanya memerlukan sedikit obat penenang.
  4. Musik klasik bikin fokus. Berdasarkan penelitian dari Stanford University seperti dilansir Merdeka, menunjukkan bahwa musik klasik akan membantu pikiran lebih fokus dan dapat memilah informasi. Selain itu, nada yang ada dalam musik klasik dapat mempertajam otak, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi dan fokus.
Berdasarkan beberapa manfaat di atas, bisa ditarik kesimpulan jika musik mempengaruhi sistem saraf pusat untuk melakukan kegiatan sekaligus membantu mengalihkan pikiran dari ketidaknyamanan, sehingga memunculkan beberapa perasaan, diantaranya senang, meningkatkan mood, semangat, rileks, dan sebagainya. 

Jadi, Musik jenis apa yang menjadi favoritmu? Baca juga : Inilah sejarah event organizer di Indonesia
Back To Top