Cara Merawat Neck Gitar Agar Tidak Melengkung

Sebagai musisi, kita harus bisa merawat senjata kita dengan baik, dalam hal ini adalah gitar elektrik. Perawatan dasar gitar mulai dari cara meletakkan gitar dengan benar, sampai membersihkannya, kamu sudah bisa dong perawatan basic gitar seperti itu. Oke langsung saja kita skip ke perawatan yang lebih advance, yaitu mengenai neck gitar. Saya adalah termasuk orang yang tidak mempunyai perawatan khusus untuk neck. Jadi dengan cara apapun, bahkan tradisional, gitar-gitar saya harus tetap lurus alias tidak bengkok.

Bila neck gitar itu bengkok, ada berbagai macam bengkoknya. Ada yang menjadi seperti huruf U, ada yang huruf U terbalik, bahkan ada yang seperti huruf S. Kenapa neck gitar bisa bengkok? Padahal di dalam neck dan fretboard gitar tersebut sudah diberi besi untuk menopang kekuatan neck gitar. Jawabannya sederhana, yaitu karena senar dan tuning yang sangat kuat serta sangat berpengaruh pada waktu atau lama senar tersebut terpasang. Belum lagi kalau kita sering bermain bending atau pun tremolo yang bisa up. Sudah dapat dipastikan neck gitar tersebut menjadi "sangat lelah", sehingga kita harus merefreshnya kembali.
gambar neck gitar fender stratocaster
neck gitar. Source : www.en.wikipedia.org
Bila neck gitar bengkok seperti huruf U, dan kita mencoba membetulkannya dengan memutar besi penyangga di dalam neck gitar tersebut, maka akan ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Kemungkinan pertama ; neck gitar bisa menjadi lurus kembali. Kemungkinan kedua neck gitar menjadi bengkok seperti huruf U kebalik. Atau kemungkinan ketiga adalah neck gitar makah akan bengkok seperti huruf S. Begitu juga bisa bengkok seperti huruf U terbalik atau pun seperti huruf S, akan mengalami 3 hal kemungkinan tersebut.

Cara sederhana merawat neck gitar

Teman-teman tahu cara menggantung kayu atau gitar akustik di tembok kan? Yaitu dengan cara memasang paku tembok lalu mengikat neck gitar dengan seutas tali, dan menggantungnya di tembok beraku tersebut.

Nah, lakukanlah hal tersebut terhadap gitar elektrik teman-teman, karena dengan posisi tergantung, body gitar akan menjadi pemberat sehingga neck gitar menjadi tertarik secara otomatis. Lalu bagaimana dengan ketegangan senar? Apakah harus dikendurkan? Menurut saya, selama gitar tersebut dalam waktu satu minggu dimainkan sekali saja, berarti senar tak perlu dikendurkan. Namun jika dalam waktu sebulan gitar tersebut dimainkan satu kali, maka pengenduran senar perlu dilakukan.

Jadi intinya adalah, bagaimana kita melakukan terapi pada neck gitar agar tetap terjaga kelurusannya. Masih banyak cara selain cara di atas. Seperti meletakkan atau menaruh gitar baik posisi berdiri atau tidur janganlah gitar tersebut terlentang, tapi buatlah tengkurap. Lain halnya bila ditaruh di hard case. Selain itu, kalau beli stand gitar, ada baiknya pilih stand yang bisa menggantung gitar.

Oke, demikianlah tips sederhana merawat neck electric guitar kamu. Semoga bermanfaat :)
Back To Top