Inilah Manfaat Menyanyi Bagi Kesehatan

Semua orang pasti pernah bernyanyi, meskipun hanya sekali dalam hidupnya. Untuk bernyanyi, nggak musti harus mengikuti kontes menyanyi dan menjadi penyanyi profesional dulu kan. Yang penting bisa menghibur diri, biarpun hanya bergumam atau bersiul-siul.

Ketika menyanyi atau mendengarkan lagu favorit, muncul perasaan senang, bahagia, seakan-akan semua masalah hidup hilang seketika. Semua vokalis pasti merasakan hal ini. Menyanyi memang berkaitan erat dengan kesehatan emosional.
menyanyi
Manfaat menyanyi bagi kesehatan :
  1. Menyehatkan paru-paru. Dengan bernyanyi, paru-paru kita akan sehat dan kuat, hal ini terjadi karena adanya kontraksi otot.

  2. Meningkatkan energi. Saat bernyanyi, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat kita lebih bersemangat dan berenergi. Pelepasan hormon endorfin ini juga bisa meningkatkan mood atau suasana hati kita.
  3. Menjaga suara tetap nyaring. Bernyanyi merupakan cara yang baik untuk latihan pita suara dan menjaga suara agar tetap jernih dan nyaring.
  4. Menguatkan otot. Otot yang dikuatkan adalah otot perut, terutama diafragma. Namun, ini terjadi jika cara bernyanyinya benar, yaitu menggunakan otot perut, karena masih sering saya jumpai orang bernyanyi menggunakan otot leher.

  5. Membuat wajah terlihat awet muda. Ini terjadi karena ketika bernyanyi, otot-otot wajah kita akan menjadi kuat, kencang, sehingga wajahpun terlihat awet muda.

  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa terjadi Karena saat bernyanyi, sirkulasi darah dalam tubuh kita meningkat, sehingga akan terjadi oksidasi sel karena proses ini. Hasilnya imunoglobulin A dan sel T dalam tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi ringan pun ikut meningkat.

  7. Menyembuhkan insomnia. Imsomnia membuat kita jadi bete. Cobalah untuk bernyanyi. Stres yang hilang karena bernyanyi akan membuat kita segera memejamkan mata.

  8. Memperbaiki postur tubuh. Posisi bernyanyi yang benar, membuat postur tubuh akan tertata. Punggung dan bahu menjadi lurus, dan akhirnya postur tubuh pun menjadi lebih baik.
Nah, itulah beberapa manfaat menyanyi bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan selamat bernyanyi ;)
Back To Top